A. Latar Belakang
Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara
keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani,
keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial,
penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan
pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan
terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan nasional.
Pendidikan sebagai suatu
proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani,
olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat
penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat
langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas
jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara
sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk
membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus
membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.
Pendidikan memiliki sasaran pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang
lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak
sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan
dirinya sendiri yang secara alami berkembang searah dengan perkembangan zaman.
Selama ini telah terjadi
kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan yang hanya dikaitkan
dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah membawa akibat
terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, seni, psikomotor, serta
life skill. Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan akan memberikan peluang untuk menyempurnakan
kurikulum yang komprehensif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan jasmani,
olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik,
perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran,
penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial),
serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan
dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.
B. Tujuan
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan keterampilan
pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani
serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang
terpilih
2. Meningkatkan pertumbuhan
fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3. Meningkatkan kemampuan dan
keterampilan gerak dasar
4. Meletakkan landasan
karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di
dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5. Mengembangkan sikap
sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan
demokratis
6. Mengembangkan keterampilan
untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7. Memahami konsep aktivitas
jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk
mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran,
terampil, serta memiliki sikap yang positif.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Permainan dan olahraga
meliputi: olahraga
tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor
non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders,
kippers, sepak
bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri,
serta aktivitas lainnya
2. Aktivitas pengembangan
meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur
tubuh serta aktivitas lainnya
3. Aktivitas senam meliputi:
ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan
senam lantai, serta aktivitas lainnya
4. Aktivitas ritmik meliputi:
gerak
bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
5. Aktivitas air
meliputi: permainan
di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan
renang serta
aktivitas lainnya
6. Pendidikan luar kelas,
meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan,
berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7. Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat
dalam kehidupan sehari- hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh
agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman
yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat
yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek
kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua
aspek.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas
I, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan
sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai
sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.2 Mempraktikkan
gerak dasar memutar, mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana,
serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.3 Mempraktikkan
gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta
nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
|
2. Mendemonstrasikan
sikap tubuh dalam berbagai posisi
|
2.1 Mendemonstrasikan sikap
tubuh dalam posisi berdiri
2.2 Mendemonstrasikan sikap
tubuh dalam posisi berjalan
|
3. Mempraktikkan senam lantai sederhana
tanpa alat dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan gerak
keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
3.2 Mempraktikkan gerak
keseimbangan dinamis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
|
4. Mengungkapkan perasaan
melalui gerak berirama dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak
bebas berirama tanpa menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
4.2 Mempraktikkan gerak
bebas berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan
diri yang meliputi kuku dan kulit
5.2 Mengenal pentingnya
imunisasi
|
Kelas I,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan
gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan gerak dasar
jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan
sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi
6.2 Mempraktikkan gerak dasar
memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama,
toleransi, kejujuran dan tanggung jawab
6.3 Mempraktikkan gerak dasar
menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana , dan kerjasama,
toleransi, kejujuran dan tanggung jawab
|
7. Membiasakan penampilan sikap
tubuh dalam berbagai posisi
|
7.1 Membiasakan penampillan
sikap tubuh dalam posisi diam
7.2 Membiasakan penampilkan
sikap tubuh dalam posisi bergerak
|
8. Mempraktikkan gerakan senam
lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan gerakan senam
lantai sederhana, serta nilai percaya diri dan disiplin
8.2 Mempraktikkan gerak
peregangan dan pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan benar
serta nilai disiplin
|
9. Menampilkan perasaan melalui
musik dan gerak berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Menampilkan gerak
bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi-bunyian secara
individu, serta nilai estetika
9.2 Menampilkan gerak
bebas berirama diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi-bunyian secara
berpasangan/ kelompok kecil, serta nilai estetika
|
10. Mempraktikkan dasar-dasar pengenalan
air dan nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan aktivitas dasar di air
10.2 Mempraktikkan berbagai permainan di
air dangkal disertai nilai percaya diri, kebersihan, dan disiplin
|
11. Mempraktikkan pengenalan lingkungan
sekolah melalui aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di
dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan pengenalan lingkungan
sekolah secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama, dan kebersihan
lingkungan
11.2 Mempraktikkan berbagai
aktivitas jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah, dan nilai
disiplin, kerja sama dan pola hidup sehat
11.3 Mempraktikkan pemanfaatan
makanan dan minuman yang baik
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Menjaga kebersihan gigi dan
mulut
12.2 Mengenal makanan sehat
|
Kelas II,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
variasi gerak dasar melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang
menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab,
menghargai lawan dan menghargai diri sendiri
Mempraktikkan
gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan
sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab,
menghargai lawan dan memahami diri sendiri
1.3 Mempraktikkan
gerak dasar melempar, menangkap, menendang dan menggiring bola ke
berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri
|
2. Mempraktikkan latihan dasar
kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan
satu jenis bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai
dengan mengikuti aturan
2.2 Mempraktikkan berbagai
aktivitas untuk melatih keseimbangan statis dan dinamis, serta
nilai disiplin dan estetika
2.3 Membiasakan bergerak dengan
benar
|
3.
Mempraktikkan senam ketangkasan dasar dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
senam ketangkasan sederhana tanpa menggunakan alat:
melompat dan meloncat dengan isyarat ke berbagai arah
3.2 Mempraktikkan
senam ketangkasan dengan menggunakan alat sederhana dengan percaya diri
|
4. Mempraktikkan
keterampilan dasar ritmik diorientasikan dengan arah
dan ruang dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan
gerak ritmik ke depan, belakang ataupun samping secara berpasangan dengan
diiringi musik , dan nilai kerja sama
4.2 Mempraktikkan gerak ritmik
diorientasikan dengan ruangsecara beregu tanpa menggunakan musik,
serta nilai disiplin dan kerja sama
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga
kebersihan rambut, hidung, dan telinga
5.2 Memilih
makanan bergizi
|
Kelas II , Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan gerak dasar kebugaran
jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan latihan dasar untuk
meningkatkan kekuatan otot dada, otot punggung, dengan mengikuti aturan
6.2 Mempraktikkan latihan dasar untuk
melatih kelentukan persendian anggota badan bagian atas dengan mengikuti
aturan
|
7. Mempraktikkan senam ketangkasan
sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan dua bentuk senam
ketangkasan: melompat dan berputar 90 derajat saat di udara, melompati benda
sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan faktor keselamatan
7.2 Mempraktikkan rangkaian
gerak senam ketangkasan sederhana: berjalan dan berguling ke depan,
memindahkan berat tubuh dari satu titik ke titik yang lain dengan kontrol
yang baik
|
8. Mempraktikkan
keterampilan dasar ritmik diorientasikan dengan arah dan ruang dengan
menggunakan atau tanpa musik, memiliki pengetahuan dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan keterampilan dasar gerak ritmik yang
berorientasi pada arah dan ruang secara berpasangan, menggunakan atau tanpa
musik, serta nilai kerjasama, dan disiplin
8.2 Mempraktikkan keterampilan dasar gerak ritmik yang
berorientasi pada arah dan ruang secara beregu menggunakan atau tanpa musik
serta nilai kerjasama, dan disiplin
|
9. Mempraktikkan
gerak dasar renang, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
9.1 Mempraktikkan gerak lengan dan tungkai
untuk mengangkat tubuh di dalam air
9.2 Mempraktikkan
keseimbangan tubuh dan penyelamatan diri di air serta memperhatikan faktor
keselamatan diri dan orang lain, serta nilai kebersihan
9.3 Mempraktikkan
gerak dasar renang: mengapung, menenggelamkan diri di dalam air, dan
bernapas, serta nilai disiplin
|
10. Mempraktikkan kegiatan jasmani di
lingkungan di sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya***)
|
10.1 Mempraktikkan berbagai aktivitas fisik
di lingkungan sekolah dan nilai kebersihan, kesehatan dan keselamatan
10.2 Mengikuti rambu-rambu
perjalanan di lingkungan sekolah secara beregu dan memperhatikan faktor
keselamatan, kerjasama dan disiplin
10.3 Membiasakan
menggunakan pakaian dan sepatu yang sesuai
|
11. Menerapkan budaya hidup sehat
|
11.1 Menjaga kebersihan tangan
dan kaki
11.2 Mengenal cara makan sehat
|
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui
permainan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan
dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama
1.2 Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun,
membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana, serta aturan, dan kerja
sama
1.3 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi
yang baik dalam permainan sederhana,serta aturan, dan kerja sama
|
2. Mempraktikkan
aktivitas kebugaran jasmani secara sederhana dan nilai nilai yang terkandung
didalamnya
|
2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan
kekuatan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai disiplin
2.2 Mempraktikkan
berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta
nilai disiplin
|
3. Mempraktikkan
gerak senam lantai, senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan keseimbangan dalam bentuk
senam lantai dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
3.2 Mempraktikkan
gerak kombinasi senam ketangkasan dasar, serta nilai keselamatan, disiplin
dan keberanian
|
4. Mempraktikkan
gerak dasar melaului aktivitas ritmik dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan menekuk
lutut dalam aktivitas ritmik sederhana tanpa musik, serta nilai percaya diri
dan disiplin
4.2 Mempraktikkan
gerak dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana
beregu tanpa atau dengan iringan musik, serta nilai percaya diri, disiplin
dan kerja sama
|
5. Menerapkan budaya
hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan pakaian
5.2 Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat
|
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan
berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat
dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama,
toleransi, kejujuran, tanggung jawab dan menghargai lawan atau diri sendiri
6.2 Mempraktikkan kombinasi gerak memutar, menekuk lutut,
mengayun lengan dan meliukkan badan dengan koordinasi gerak yang baik dalam
permainan sederhana, serta nilai kerjasama dan menghargai lawan atau diri
sendiri
6.3 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar memvoli, memantulkan,
menendang, dan mengontrol bola
dengan koordinasi yang baik dalam
permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, tanggung jawab, menghargai lawan
atau diri sendiri, dan bersedia
berbagi tempat dan peralatan dalam bermain
|
7. Mempraktikkan
latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan berbagai
bentuk latihan untuk meningkatkan kelentukan dan kelenturan, serta nilai
disiplin, dan keselamatan
7.2 Mempraktikkan berbagai
bentuk latihan untuk meningkatkan koordinasi gerak, dan nilai disiplin
|
8. Mempraktikkan senam ketangkasan dasar
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan senam ketangkasan
sederhana tanpa alat, dan nilai disiplin
8.2 Mempraktikkan senam ketangkasan yang
agak kompleks menggunakan alat, dan nilai disiplin,
|
9. Mempraktikkan gerak ritmik dasar yang berorientasi
dengan arah, ruang, dan waktu dengan atau tanpa musik, dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam gerak ritmik
diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual dengan atau
tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan disiplin
9.2 Mempraktikkan
gerak lokomotor dalam aktivitas ritmik yang berorientasi pada arah, ruang dan
waktu secara beregu dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya
diri,
disiplin dan kerjasama |
10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya dada, dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan
tungkai, menggerakkan lengan dan nilai kebersihan
10.2 Mempraktikkan cara bernapas
renang gaya dada dan nilai kebersihan
10.3 Mengkombinasikan gerakan
lengan dan tungkai renang gaya dada dan nilai kebersihan
|
11. Mempraktikkan pemanfaatan lingkungan
sekitar sekolah untuk aktivitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam
mengikuti jejak dan nilai disiplin, kerjasama, memperhatikan faktor
keselamatan
11.2 Mempraktikkan
pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah
11.3 Mempraktikkan
penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di
lingkungan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal bahaya penyakit diare, demam
berdarah dan influenza
12.2 Mengenal cara menggunakan peturasan
|
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**)
1.2
Mempraktikkan gerak dasar atletik sederhana, serta nilai semangat,
percaya diri dan disiplin**)
1.3.
Mempraktikkan gerak dasar permainan bola besar sederhana dengan peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan
kejujuran**)
|
2. Mempraktikkan latihan untuk
meningkatkan kebugaran
dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
2.1
Mempraktikkan aktivitas permainan
sederhana untuk
melatih daya tahan dan kekuatan
otot, serta nilai kerja keras, dan disiplin
2.2
Mempraktikkan aktivitas permainan untuk melatih kelenturan dan koordinasi,
serta nilai kerja keras, dan disiplin
|
3. Mempraktikkan berbagai bentuk latihan
senam lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan kombinasi gerak senam
lantai tanpa alat dengan memperhatikan faktor keselamatan, dan
nilai disiplin serta keberanian
3.2 Mempraktikkan kombinasi gerak senam
lantai dengan alat dengan memperhatikan faktor
keselamatan, dan nilai disiplin serta keberanian
|
4.
Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan
dengan menggunakan musik dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak ritmik
diorientasikan pada arah, ruang dan waktu secara beregu
menggunakan musik,serta nilai estetika
4.2 Mempraktikkan
keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa menggunakan musik,
serta nilai estetika
|
5.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan
lingkungan rumah dan sekolah
5.2 Membiasakan membuang sampah
pada tempatnya
|
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan
gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
6.1 Mempraktikkan gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi
dalam permainan bola kecil beregu dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai kerja sama regu, sportivitas, dan
kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan gerak dasar berbagai gerakan yang
bervariasi dalam permainan bola besar beregu dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai kerja sama regu, sportivitas, dan
kejujuran**)
|
6.3 Mempraktikkan
gerak dasar atletik yang dimodifikasi: lompat, loncat dan lempar,
dengan memperhatikan nilai-nilai pantang menyerah, sportifitas, percaya diri,
dan kejujuran**)
|
|
7. Mempraktikkan
latihan kebugaran yang lebih kompleks untuk meningkatkan keterampilan dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan
aktivitas dan permainan untuk melatih daya tahan dan kekuatan
dengan kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras,
disiplin, kerjasama, dan kejujuran
7.2 Mempraktikkan
aktivitas dan permainan untuk melatih kelentukan dan koordinasi dengan
kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja
keras, disiplin, kerja sama, dan kejujuran
|
8. Mempraktikkan
senam lantai dengan kompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan senam lantai tanpa
menggunakan alat dengan koordinasi yang baik serta nilai kerja sama dan
estetika
8.2 Mempraktikkan
senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan koordinasi
yang baik serta nilai disiplin dan kerja sama
|
9. Mempraktikkan
keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan dengan
menggunakan musik, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik
terstruktur (misal SKJ) secara beregu menggunakan musik, serta nilai kerja
sama, disiplin dan estetika.
9.2 Memperbaiki kesalahan gerak dalam gerak
ritmik terstruktur (misal SKJ) secara beregu menggunakan musik, serta nilai
kerja sama,disiplin dan estetika
|
10. Mempraktikkan
gerak dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya *)
|
10.1 Mempraktikkan gerak dasar; meluncur,
menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan serta nilai kebersihan
10.2 Mempraktikkan cara bernapas dalam
renang gaya bebas
10.3 Mengkombinasaikan gerakan lengan dan tungkai
renang gaya bebas
10.4
Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan di air
|
11.
Mempraktikkan kegiatan berkemah di lingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan berbagai
keterampilan yang sesuai untuk kegiatan perkemahan, serta nilai kerja
sama, tanggungjawab, disiplin, dan mengikuti aturan
11.2 Mempraktikkan aktivitas jasmani yang
berisi tantangan dalam perkemahan
11.3 Mempraktikkan pola
hidup sehat
|
12.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal berbagai upaya dalam menjaga
kebersihan lingkungan
12.2 Menjaga kebersihan
lingkungan terhadap sumber penularan penyakit seperti nyamuk dan unggas
|
Kelas
V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan
yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil, serta nilai
kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
1.2 Mempraktikkan
variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola besar, serta nilai
kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
1.3 Mempraktikkan
variasi gerak dasar ke dalam modifikasi atletik, serta nilai semangat,
sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)
|
2. Mempraktikkan
latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
2.1 Mempraktikkan
aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian atas, serta nilai
kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
2.2 Mempraktikkan
aktivitas untuk kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta
nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
3. Mempraktikkan
berbagai bentuk senam ketangkasan dengan kontrol yang baik, dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan latihan peregangan dan pelemasan
yang benar sebelum memulai aktivitas senam,serta nilai percaya diri, dan
disiplin
3.2 Mempraktikkan bentuk-bentuk senam ketangkasan
dalam meningkatkan koordinasi dan nilai nilai percaya diri dan disiplin
|
4. Mempraktikkan
berbagai gerak dasar dalam gerak ritmik, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan pola jalan, lari dan lompat dalam gerak
ritmik, serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin
4.2 Mempraktikkan kombinasi pola gerak jalan, lari
dan lompat dalam gerak ritmik, serta nilai kerjasama, percaya
diri, dan disiplin
|
5. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
5.1 Mengenal cara menjaga kebersihan alat reproduksi
5.2 Mengenal berbagai bentuk pelecehan seksual
5.3 Mengenal cara menjaga diri dari pelecehan seksual
|
Kelas
V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6.
Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam
permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
|
6.1 Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan
olahraga bola besar, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan variasi teknik dasar ke dalam modifikasi
permainan bola kecil, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan
kejujuran**)
6.3 Mempraktikkan variasi teknik dasar atletik yang
dimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, kerjasama, percaya diri dan
kejujuran**)
|
7. Mempraktikkan
latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota
badan bagian bawah, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan
kejujuran
7.2 Mempraktikkan
aktivitas untuk kelincahan dengan kualitas gerak yang meningkat , serta nilai
kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
8. Mempraktikkan
berbagai bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi yang baik,
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan
dengan konsisten, tepat, dan koordinasil yang baik, serta nilai keselamatan,
disiplin, dan keberanian
8.2 Mempraktikkan
bentuk-bentuk rangkaian gerak senam ketangkasan dengan koordinasi dan kontrol
yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian
|
9. Mempraktikkan
kombinasi berbagai gerak dasar dalam gerak berirama
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak mengayun, menarik, menekuk, meliuk, memutar dalam gerak
berirama , serta nilai kerja sama, percaya diri, dan disiplin
9.2 Mempraktikkan satu
pola gerak berirama terstruktur dengan konsisten dan lancar serta nilai
kerjasama, percaya diri, dan disiplin
|
10. Mempraktikkan
gerak dasar renang gaya punggung, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan
gerak dasar renang gaya punggung: meluncur, menggerakkan tungkai,
menggerakkan lengan, serta nilai kebersihan, keberanian dan percaya diri
10.2 Mempraktikkan
kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung, serta nilai
keberanian dan percaya diri
|
11. Mempraktikkan penjelajahan di linkungan
sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan
pembuatan rencana kegiatan penjelajahan
11.2
Mempraktikkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di
lingkungan sekolah yang sehat, serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan,
kebersihan, dan etika
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal bahaya merokok bagi kesehatan
12.2 Mengenal bahaya miruman keras
|
Kelas VI,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai
gerak dasar permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol
yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama,
sportivitas, dan kejujuran**)
1.2 Mempraktikkan
gerak dasar salah satu permaian bola besar dengan koordinasi dan kontrol yang
baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas,
dan kejujuran**)
1.3 Mempraktikkan
koordinasi gerak dasar dalam teknik lari, lempar dan lompat dengan peraturan
yangdimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan
kejujuran
|
2. Mempraktikkan
latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani), dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya |
2.1 Mengidentifikasi
anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur
2.2 Mempraktikkan
berbagai latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai
keselamatan, disiplin, dan kerja keras
2.3 Mempraktikkan
jenis latihan yang sesuai untuk mempertahankan dan memperbaiki postur tubuh,
serta nilai keselamatan, disiplin, kerjakeras
|
3. Mempraktikkan
kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas senam
|
3.2 Mempraktikkan
rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan gerakan yang lebih halus,
jelas dan lancar, serta nilai percaya diri, disiplin dan estetika
|
|
4. Mempraktikkan
rangkaian gerak ritmik sederhana berpasangan, dan beregu, serta nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan
rangkaian gerak ritmik sederhana menggunakan gerak jalan dan
lompat secara berpasangan, serta nilai kerja sama, disiplin dan
estetika
4.2 Mempraktikkan
rangkaian gerak ritmik sederhana beregu dengan kompak, serta nilai kerjasama,
disiplin dan estetika
|
5. Menerapkan budaya
hidup sehat
|
5.1 Mengenal
bahaya narkoba
5.2 Mengenal
cara menghindari bahaya narkoba
|
Kelas VI, Ssmeste 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan
berbagai gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang
dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan penerapan teknik dasar salah satu permainan
dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja
sama, sportivitas dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan
penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan
peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas dan
kejujuran**)
6.3 Mempraktikkan
pengembangan koordinasi beberapa nomor teknik dasar atletik dengan peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)
|
7.Mempraktikkan
latihan peningkatan kualitas kebugaran jasmani dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
7.1
Mempraktikkan sikap hidup sehat
untuk memelihara
kondisi kesehatan
7.2 Mempraktikkan peregangan otot dan
pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan, serta nilai disiplin.
7.3 Mempraktikkan aktivitas kondisi fisik
secara terencana dan sungguh sungguh
7.4 Mempraktikkan
aktivitas secara berkelanjuatan dalam rangka meningkatkan kebugaran , serta
nilai keselamatan, disiplin dan kerja keras
|
8. Mempraktikkan
kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai dan senam
ketangkasan dengan konsisten, dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan,disiplin,
dan kerjasama
8.2 Mempraktikkan
kombinasi bentuk-bentuk senam lantai dan senam ketangkasan dengan koordinasi,
dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan kerjasama
|
9. Mempraktikkan
rangkaian gerak ritmik sederhana secara berpasangan maupun beregu, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan gerak ritmik sederhana
di tempat dengan gerakan membungkuk, menekuk maupun meliuk secara berpasangan
dan beregu, serta nilai kerja sama, disiplin, dan estetika
9.2 Mempraktikkan kombinasi gerak ritmik
sederhana dengan jalan dan lompat secara berpasangan
dan beregu, serta nilai kerja sama, disiplin, dan estetika
|
10. Mempraktikkan
gerak dasar salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan
gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai maupun lengan renang
gaya dada dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai keberanian,
disiplin, dan kebersihan
10.2 Mempraktikkan
cara bernapas salah satu gaya renang, serta nilai keberanian, disiplin, dan
kebersihan
10.3 Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai dalam
renang gaya dada, serta nilai keberanian dan disiplin
10.4 Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan
di air
|
11. Mempraktikkan penjelajahan dan
perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan aktivitas
penjelajahan di alam bebas secara sederhana, serta nilai kerja sama, tanggung
jawab, disiplin, dan keselamatan
11.2 Mempraktikkan
pemasangan kemah bersama, serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin,
dan keselamatan
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal cara menolak ajakan
menggunakan narkoba
12.2 Mengenal cara menolak perlakuan
pelecehan seksual
|
Keterangan
1. *) Diajarkan sebagai
kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan
kondisi sekolah
**) Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas
dan peralatan yang tersedia
***)
Diajarkan sebagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam semester 1 dan
atau semester 2
2. Untuk pembinaan peserta
didik ynag berminat terhadap salah satu atau beberapa cabang tertentu dapat
dilakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Harrah's Ak-Chin Casino and Resort | Oklahoma Casino
BalasHapusHarrah's Ak-Chin Casino and Resort 넥스트벳 in bitcasino Ak-Chin, 벳 Oklahoma offers an 사다리사이트 outdoor pool, a betmove Jacuzzi and a Jacuzzi.